Selamat Datang di 2013

Tahun 2012 sudah berakhir, di tahun 2013 Masehi ini saya tidak berharap banyak. Yang saya harapkan hanya satu: bisa menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya.

Untuk mewujudkannya tentu harus ada perjuangan dan pasti ada pengorbanan. Entah itu pengorbanan kenikmatan duniawi, kenikmatan sesaat dan atau kenyamanan yang telah dan sedang dirasakan saat ini. Bagaimana dengan Anda, apa saja harapan Anda di tahun ini?

Tak hanya tahun saja yang baru, di tahun ini juga dari saya pribadi banyak yang baru. Seperti domain website ini yang dulunya ardhe.web.id kini menjadi arispandi.com. Bukan tanpa alasan mengubah nama domain ini, alasannya sederhana saja sebetulnya: hanya lebih “personal branded” dan easy to listen and easy to remember karena mayoritas orang-orang lebih familiar dengan Top Level Domain TLD dot com, selain itu juga menjadi lebih singkat dalam penulisan. Lalu, akan dikemanakan domain ardhe.web.id? Tidak akan saya pakai lagi, anggap saja masa lalu.

Hmm…selain nama domain baru, rumah tempat website ini bernaung juga baru, yang semula “numpang” di Google App Engine kini bernaung di AppFog, yaaa masih sama-sama salah satu platform Cloud Computing juga. Alasan kenapa migrasi ke AppFog sederhana juga, karena lebih simple dan lebih banyak platform yang didukung. Di Google App Engine hanya mendukung Java dan Python, sedangkan di AppFog lebih banyak platform yang bisa berjalan disana, seperti PHP, Python, Ruby dan juga database seperti MySQL dan MongoDB. Kenapa tidak menyewa shared hosting atau VPS saja? Shared hosting? yang benar saja, that’s not really cool man :D. Memang sih untuk shared hosting simple dan kita tinggal menggunakan saja, dan untuk VPS saya tidak mau diribetkan lagi soal instalasi, konfigurasi dan tweak ini itu.

Untuk saat ini saya sedang keranjingan mempelajari Cloud Computing. And now, my site was on the cloud, how about you?

Selain alamat dan rumah baru, rencananya engine yang saya gunakan untuk blogging juga akan saya ganti lagi dengan yang baru. Lho kenapa? Octopress kan keren, sesuai dengan jargonnya: “A blogging framework for Hacker”. Memang sih simple, dan saya pun salut dengan kesederhanaannya ini. Tapi, ada beberapa kekurangan yang saya rasakan dengan menggunakan Octopress ini, antara lain: saya tidak bisa menulis blog dimanapun karena harus menginstall Ruby dan kawan-kawannya. Bayangkan jika suatu saat saya sedang ingin menulis tapi tidak membawa laptop saya, masa harus melakukan instalasi dependensinya dulu hanya untuk blogging, ribet bukan? Selain itu jika suatu saat laptop terpaksa harus instal ulang OS, maka saya juga harus menginstal ulang Ruby dan kawannya itu. Lalu CMS atau apa yang akan digunakan untuk menggantikan Octopress ini?

Hmm…entahlah, WordPress lagi mungkin. Jika akhirnya menggunakan WordPress itu berarti bukan mengganti ke yang baru tapi kembali ke yang dulu, istilah gaulnya CLBK alias Cinta Lama Bersemi Kembali :D. Hmmm…sepertinya WordPress juga bukan pilihan yang baik karena WP terlalu banyak fitur yang bagi saya mubadzir, karena yang saya butuhkan hanya menulis artikel dan sedikit oprek tampilan, that’s all no more. Selain selalu diribetkan dengan masalah update, juga agak ribet ketika suatu saat “pindah rumah”. Sebenarnya saya ingin menggunakan MongoDB sebagai data storage-nya, tapi belum ada CMS PHP yang reliable. Sepertinya dua pilihan terakhir adalah TextPattern atau develop sendiri. Any suggestions?

Akhir kata, Happy blogging, happy new year. Selamat datang di tahun 2013, selamat tahun baru Masehi. Semoga apa yang kita harapkan bisa terwujud di tahun ini. Amin.