Hari ini pada tanggal 01 April 2015 kota tempatku dilahirkan dan dibesarkan berulang tahun yang ke 101. Banyak cerita di kota kecil yang terletak di koordinat -6.919011,106.931509 dan berada di ketinggian 617 meter diatas permukaan laut ini. Orang menyebutnya dengan julukan kota mochi.

Pastinya banyak baraya warga Kota Sukabumi yang berharap atau mengharapkan agar Kota Sukabumi ini menjadi kota yang lebih baik dari berbagai aspek. Sebagai salah satu warga kota ini saya pun begitu. Namun apakah kita hanya mau terus berharap tanpa adanya kontribusi atau sumbangsih nyata yang dapat kita lakukan pada kota kecil ini? Tentunya banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjadikan kota “kulkas alam” ini agar bisa menjadi lebih baik, atau setidaknya baik dan segar seperti Sukabumi dahulu kala saat kita masih bocah.

Tanpa harus menjadi seorang yang memiliki kuasa atau pengaruh pun kita masih bisa memberikan sumbangsih yang akan sangat berarti. Salah satunya adalah dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan. Banyak yang berharap kota ini menjadi lebih bersih dan tertib, tapi apakah harapan tersebut dapat terwujud tanpa adanya aksi nyata dari kita? TIDAK !!

Maka dari itu, yuk kita rawat kota ini agar tetap bisa sejuk seperti “kulkas alam”, bersih serta tertib. Dan jangan pernah selalu bergantung pada pemerintahan, karena akan sia-sia belaka jika sekalipun pemerintah punya program yang “wah” tapi warganya tetap ngeyel dan cuek. Camkan !!

Hal sepele seperti itu juga bisa menjadi sebuah kado bagi kota ini, tentunya selain prestasi yang bisa kita berikan dan membanggakan.

Published by Aris Ripandi

My name is Aris Ripandi, a lecturer and indie web app developer who likes to handle complex problems with simple and elegant solutions. I also have interest with WordPress, DevOps and loves to learn new technologies.