Jika Anda adalah seorang pengembang aplikasi web, webmaster, blogger ataupun orang yang sedang belajar pemrograman web Anda mungkin sudah pernah mengalami masalah yang berhubungan dengan zona waktu di server. Masalah ini muncul ketika kita menggunakan shared hosting atau server yang memiliki zona waktu yang berbeda dengan zona waktu kita sebagai client.

Sebagai contoh – Anda mengelola sebuah website dan zona waktu Anda adalah GMT+7 (Asia/Jakarta) tetapi server tepat hosting Anda berada di Amerika Serikat (katakanlah zona waktu seperti GMT-7). Karena ini adalah server bersama, zona waktu ditetapkan oleh administrator untuk waktu setempat mereka. Jadi, jika kita melakukan pemanggilan fungsi date() dan fungsi waktu lainnya di PHP fungsi ini akan selalu mengikuti zona waktu setempat dan menyebabkan ketidakcocokan dengan waktu lokal Anda di website.

Untuk mengatasi situasi ini, Anda harus mengubah waktu tanggal default Anda menggunakan fungsi PHP. Tambahkan baris berikut ini sebelum mengeksekusi atau memanggil fungsi waktu atau tanggal di PHP:

date_default_timezone_set(your_time_zone_string);

Contoh:

echo ‘Waktu awal: ‘ . date(‘Y-m-d H:i:s a’);

date_default_timezone_set(‘Asia/Jakarta’);

echo ‘<br></br>Waktu baru: ‘ . date(‘Y-m-d H:i:s a’);

Untuk daftar zona waktu selengkapnya dapat dilihat di website PHP:

http://us3.php.net/manual/en/timezones.php

Sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan selamat belajar PHP!

Published by Aris Ripandi

My name is Aris Ripandi, a lecturer and indie web app developer who likes to handle complex problems with simple and elegant solutions. I also have interest with WordPress, DevOps and loves to learn new technologies.